Jauhkan Gadgetmu saat Tidur

Di zaman yang serba modern ini, gadget bukanlah barang yang asing lagi bagi kita semua. Hampir semua orang memiliki dan menggunakannya, bahkan sebelum tidur. Menurut survei tim medis yayasan kesehatan BMJ Open di Norwegia, terdapat lebih dari 44% pengguna gadget/ponsel yang tidur di dekat gadget/ponsel mereka.

Tidur berdekatan dengan gadget/ponsel adalah hal yang tidak baik bahkan dapat membahayakan diri kita. Kerugian atau bahaya dari tidur di dekat gadget/ponsel antara lain dapat mengganggu tidur (susah tidur/insomnia), meningkatkan risiko penyakit kanker, tumor otak, dan diabetes.

Menurut penelitian yayasan kesehatan BMJ Open, SOL (Sleep Onset Latency) atau lama waktu untuk merasa mengantuk dan tertidur seseorang dapat terganggu karena adanya perangkat elektronik yang memiliki layar pemancar cahaya. Pada gadget atau ponsel, cahaya panjang-pendek yang dihasilkannya dapat menekan produksi hormon “melatonin” yang menyebabkan rasa kantuk. Jika hormon ini hanya sedik berproduksi, maka seseorang akan mengalami susah tidur atau insomnia.

Dampak buruk selanjutnya adalan risiko penyakit kanker. Menurut penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Cancer Prevention, radiasi yang titimbulkan oleh gadget/ponsel dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada perempuan hingga 17%. Tumor otak juda dapat dipicu oleh radiasi dari gadget/ponsel. Menurut data WHO, radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang dapat mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel di otak yang tidak wajar.

Selain itu, pancaran sinar dari gadget/ponsel dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 yang biasanya dialami oleh seseorang yang umurnya di atas 35 tahun. Penelitian dalam Journal Chronobiology International menyatakan bahwa seseorang yang berusia lanjut akan rentan terkena penyakit diabetes tipe 2 apabila mereka menggunakan gadget 4 jam sebelum tidur, dan lebih parahnya jika mereka tidur di dekat gadget tersebut.

Tidur merupakan aktivitas untuk mengistirahatkan semua anggota badan manusia. Maka akan lebih baik jika kita beristirahat sepenuhnya tanpa gangguan. Dan untuk mengurangi risiko penyakit-penyakit yang telah diuraikan di atas, sebaiknya kita tidak tidur didekat gadget/ponsel dan mengurangi penggunaan gadget/ponsel sebelum tidur.

One comment

  1. Anti Radiasi says:

    Terimakasih banyak untuk artikelnya, ijin buat share juga tentang dampak buruk radiasi perangkat telekomunikasi digital seperti handphone, tablet, smartphone dan gadget lain, terutama dampak buruk untuk anak anak, yang kita sudah ketahui bahwa anak anak sekarang sudah menggunakan perangkat tersebut, artikel nya bisa dilihat disini, http://www.indonesu.co.id/blog
    terimakasih, semoga dapat membantu, dan semakin banyak yang mengetahui tentang dampak buruknya, masyarakat kita jadi lebih bijaksana dalam menggunakanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 13 =